Langsung ke konten utama

Mengenang 1 Januari 2020

 Mengenang 1 Januari 2020



     Pukul 06.00 WIB, saya melihat berita di tv siaran ulang banjir di Sulawesi Selatan. Terasa perih dan sedih hati saya. Saat melihat sungai yang keruh coklat, mendorong sebuah rumah dan berbagai matrial menuju hilir. Banyak rumah yang terendam, bermacam kendaraan roda dua dan empat. Belum lagi perkakas rumah tangga. Bahkan banyak korban yang meninggal dunia, ya Allah menyesakan sekali.

     Terasa menyayat hati melihat semua itu. Saya  berdoa semoga Allah memberikan kesabaran dan kekuatan. Agar mereka yang sedang Allah uji lewat musibah itu kuat dan tabah.

     Selain itu, musibah yang sedang melanda Negeri ini sangat luar biasa. Diantaranya, gempa dan banjir di Sulawesi, longsor di Sumedang Jawa Barat, Gunung Semeru Lumajang yang memuntahkan lahar.

     Tahun ini Allah sedang menguji Negeri kita dengan berbagai cobaan yang luar biasa. Semoga musibah ini cepat berlalu dan banyak hikmah yang Allah limpahkan.
     
     Tiba-tiba saya teringat kembali pada 1 Januari 2020 lalu. Saat pagi-pagi pukul 6.30 menit. Akan membuat nasi goreng untuk sarapan kami. Akan tetapi saat saya membuka pintu belakang rumah. Yang memang langsung menghadap ke sungai ciberang. Saya terkejut melihat sungai sangat besar dan gulungan ombaknya setinggi genting rumah.

     Memang sungai ciberang saat musim hujan selalu besar. Tetapi saya merasa sungai ciberang saat itu tidak seperti biasanya.

     Saat saya berbicara pada suami saya dan melihat ke sungai ciberang. Tiba-tiba air masuk semata kaki. Saya merasa kaget, dan mau menutup air tersebut. Akan tetapi air yang masuk bertambah deras. Saya meminta suami untuk membantu. Tapi air semakin deras hanya hitungan detik. Air sudah selutut saya, kemudian langsung naik sedada saya.



     Ternyata air datang bukan dari belakang rumah. Tetapi dari depan rumah. Air menjadi 3 bagian, bagian 1 berada di tempatnya biasa mengalir. Sedangkan dua bagian lagi berada di dalam Ponpes La Tansa. Karena pagar tembok jebol oleh air yang besar dan kencang. 

     Kami panik, saat sungai sudah sedada. Kami sudah tidak fokus, semua perkakas sudah terangkat mengambang. Seperti kursi, kulkas, mesin cusi, spring bed, dan perabot rumah tangga lainnya. 

     Saya teringat laptop dan tesis saya yang baru dibuat dari bab 1-3. Saat saya mengangkatnya, laptop saya sudah basah. Saya hampir tertimpa lemari kalau suami tidak cepat menahannya. Akhirnya kami segera keluar, tapi saya melihat dompet kesayangan saya yang berisi flashdisk yang berisi tesis saya. Akhirnya saya membawanya ke luar rumah.



     Saat kami ke luar, kami meraba dan memegangi tembok rumah. Karena sungai yang disertai lumpur coklat sangat deras dan kencang. Putra kami yang berusia 9 tahun digendong Ayahnya. Saat kami di luar rumah, motor kami satu terseret. Kami hanya memperhatikannya tanpa bisa berbuat apa-apa. Selang beberapa menit mobil kijang LGX kami mengikutinya maju sesuai laju air dengan alarem terus menyala. Kami hanya mengucap istigfar dan takbir pada Allah Maha Penguasa.

     Kami pergi ke belakang rumah tetangga yang datarannya lebih tinggi. Putraku di naikkan ke atas genting. Sementara saya dan suami naik ke atas pagar teras belakang rumah tetangga. Satu jam kami terjebak di sana. Karena sungai mengalir di depan dan belakang rumah.

     Saat itu rumah saya dan tetangga masi berdiri kokoh. Hanya beberapa gajebo, kandang burung, dan parabola. Roboh kena hantaman derasnya air dan langsung terdorong ke hilir. Putra saya menyaksikan semua itu menangis dan menggigil
Kedinginan. Sementara saya dan suami tak henti-hentinya bertakbir dan adzan.

     Sementara tetangga saya sebagian sudah lari ke dataran yang tinggi. Sebagian lagi sedang mudik. Karena saat kejadian sedang liburan. Dan, berbarengan dengan tahun baruan. Selang 1 jam, tiba-tiba sungai surut sedikit. Para tetangga yang lain baru berdatangan karena hujan pun mulai reda.  Setelah berhari-hari mengguyur Cipanas Lebak.

     Tiba-tiba tetangga sebelah rumah kami ustadz Saman datang menghampiri. Akhirnya kami berjalan berpegangan tangan berkeliling mencari jalan yang mudah untuk di lalui karena arus air masih kencang.

     Kemudian Dibantu beberapa tetangga lainnya yang sudah berdatangan membantu kami. Untuk menyebrangi sungai yang ada di dalam Ponpes. Kami akhirnya dibawa kerumah salah satu tetangga yang rumahnya jauh dari arus sungai. Dengan diberi baju dan  makan. Maklum baju yang selamat hanya yang nempel di badan saja itu pun sudah basah kuyup.

     Selang beberapa menit putraku menangis terus menanyakan Ayahnya. Mungkin dia trauma, saat tidak melihat Ayahnya dia pikir Ayahnya terbawa air. Padahal Ayahnya berada di kantor pengajaran tempat berkumpulnya ustadz-ustadz.

     Akhirnya saya membawa putra saya mencari Ayahnya. Setelah bertemu, saya dan putra saya dibawa ke rumah tetangga yaitu Bu Mini. Atas perintah pemilik Ponpes La Tansa. Akhirnya untuk sementara kami tinggal disana. Sampai akhirnya pada malam hari kami menempati rumah dinas lain yang jaraknya 1 km. Yang berada di La Tansa 5. Karena rumah dinas yang hanyut berada di  La Tansa 1.

     Pada pukul 09.00 WIB, tiba-tiba sungai datang dengan kekuatan yang lebih besar dan deras. Membawa matrial berupa pohon-pohon besar, rumah penduduk, jembatan, dan sekolah. Semuanya hanyut, ternyata rumahku juga hanyut beserta motorku yang satunya lagi dan semua perkakas rumah. 

     Yang lebih menyedihkan lagi, saya teringat semua ijazah sekolah dari SD- S1, SK CPNS-PNS, sertifikat-sertifikat. Baik berupa pengembangan diri maupun tanah. Buku-buku berhargaku dari zaman ke zaman sampai buku S2ku. Ya Allah luar biasa ujian ini. Tapi tiba-tiba saya tersadar bahwa semua itu milik-Nya dan hanya titipan-Nya. Untuk kami di dunia fana ini.

     Kemudian bertambah lagi rasa syukur saya, dengan adanya suami dan putra saya. Hal itu lah yang menguatkan saya. Karena harta bisa dicari kembali. Surat-surat bisa diurus juga, akan tapi nyawa tidak dapat dicari dan diganti dengan apapun.

  Dari kejadian ini saya banyak belajar bersyukur dan bersabar. Banyak tangan terulur dari tiap penjuru Indonesia bahkan luar Negeri. Baik yang mengenal kami dan Ponpes La Tansa maupun yang tidak mengenal. Guru-guru PGRI bergandengan tangan membantu kami. Dari pemerintah daerah sampai pemerintah pusat. Mereka bekerja dengan cepat. Membersihkan lumpur yang selutut di tiap pojok kelas, masjid, rumah dinas yang masi ada. Rumah dinas yang hanyut ada 3 rumah termasuk rumah saya.

     Dua hari setelah kejadian itu keadaan kami sudah mulai membaik meski masi ada trauma. Saya dipaksa oleh suami berangkat ke Jakarta untuk mengikuti UAS semester 3. Karena setelah itu saya harus fokus untuk tesis. 

     Sungguh luar biasa, saat saya berada di kampus. Semua teman-teman seperti tidak percaya melihat saya yang datang untuk mengikuti UAS. Mereka bertanya sampai menangis perihal musibah yang menimpa saya. Mereka mendapat kabar dari teman-teman yang berada di Lebak.

     Saya sangat terharu mereka banyak mempoto cofi materi untuk bahan UAS. Mereka juga mengumpulkan sumbangan. Ya Allah, saya hanya bisa berucap Subhanallah. Janji Allah menjelma. Allah memberi kusulitan dan Allah juga memberi kebaikan.

    Saya hanya pasrah dan iklas saat mendapatkan mobil saya sudah habis dijadikan bertut oleh para penjarah. Dan, satu motor saya pun masi  berada di tangan mereka. Karena motor yang satunya ada yang mengembalikan walau keadaannya sudah tidak utuh. Tapi saya yakin Allah menguji kami tidak semata- mata tanpa alasan. Semoga saya selalu tabah dan sabar menghadapi semua ini walau tidak mudah.










Komentar

  1. Pengalaman nyta yang sangat berharga dan bermakna dalam kehidupan...smg Allah SWT melimpahkan anugerah kesehatan dan keselamatan bersama keluarga tercinta njih bu..aamiin..

    BalasHapus
  2. Masya Allah pengalaman yg luar biasa. Semoga Allah mengganti yang hilang Bu. Aamiin

    BalasHapus
  3. Semoga tdk terulang bencana dahsyat itu di kampung kita, namun harus terus wsspada bila curah hujan ekstrim..

    BalasHapus
  4. Semoga setiap ujian dan musibah dapat diambil ibrahnya agar menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin

    BalasHapus
  5. Semoga tidak banyak menelan korban jiwa, dan musibah ini segera belalu ya bu..

    BalasHapus
  6. Innalillahi Wainna Ilaihi rojiuun..
    Allah hendak mengangkat derajat dan menggati dengan yang lebih baik..jika ikhlas dan sabar...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1_SRIWATI CGP ANGKATAN 9

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1                                                   foto kegiatan RUKOL Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan                                   Sebagai Pemimpin PERTANYAAN PEMANTIK dan JAWABAN 1.   Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin? Filosofi Triloka dan Pratap Triloka menekankan pendekatan holistik dan multidimensional dalam pendidikan. Hal ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemimpin, yang perlu memahami dan mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak keputusan pada berbagai dimensi organisasi atau masyarakat yang dipimpin. 2.         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan? Nilai-nilai yang tertanam dalam diri seseorang dapat memiliki dampak besar pada prinsip-prinsip yang mereka anut dalam pengambilan keputusan. Nil

Pentigraf " Pilihan Cinta Namima"

  Pentigraf Tema: Aku Kamu Dia Pilihan Cinta Namima       Aku   biasa disapa Nami, oleh teman-teman di sekolah. Aku yang tinggi kecil, mata belok, hidung mancung, rambut panjang hitam, dan kulit kuning langsat. Membuat teman laki-laki selalu bersiul genit ke arahku. Aku yang duduk di kelas 1 SMA, tak pernah meghiraukan mereka. Karena, Ayah selalu berpesan agar aku belajar sungguh-sungguh. Tidak boleh pacaran terlebih dahulu. Mungkin Ayahku terlihat kolot, tapi semua pesannya selalu diikuti olehku. Seperti yang selalu beliau ucapkan, bahwa pacaran akan memecah konsentrasi belajarku. Walaupun, ada juga yang mengatakan jika memiliki pacar bisa menjadi motivasi dalam belajar. Tapi,  aku lebih mematuhi perkataan Ayahku. Setiap temanku menyatakan cinta, aku akan menolaknya dengan halus.      Seperti rabu kemarin, saat dua teman sekolahku beda kelas Riyo dan Arif menyatakan cintanya. Mereka menghadang di depan kelas saat aku mau masuk. Sontak membuat aku kaget dan bingung. Tiba-tiba Riyo meny

Ikhtifal Yang Buat Deg-degan

 # Minggu Menulis # Tema 'D' Ikhtifal Yang Buat Deg-degan Tak banyak kata yang dapat diungkapkan selain rasa syukur yang luar biasa. Atas anugrah yang Allah berikan pada putra saya Tunjung yang usianya 10 tahun. Hari ini dia mengikuti ikhtifalan di TPA La Tansa. Setelah minggu kemarin mengikuti ujian lisan yang diikuti selama 3 hari. Acara ihtifalan atau biasa disebut pidato tentang keagamaan. Selain itu juga acara pelepasan dan perpisahan untuk siswa kelas 6 (Ali). Kegiatan ini rutin diadakan tiap selesai mengikuti ujian pada semester akhir genap. Yang dipandu oleh para wali kelas tiap tingkat yang biasa disafa Ustadzah oleh para siswa. Kegiatan yang dilaksanakan ikhtifal, marawis, hadroh, dan tarian-tarian islami lainnya. Sungguh luar biasa meriahnya acara tersebut. Yang paling membanggakan untuk kami para orang tua. Tentunya peningkatan pendidikan yang islami  putra kami. Nilai karakter dan pembiasaan yang islami untuk bekal masa depan yang akan direalisasikan dalam kehidupa