Langsung ke konten utama

Menikmati Perjalanan Bulan Ramadan

 # April Menulis

# Tema ' R '







Menikmati Perjalanan Bulan Ramadan


Pernahkah membayangkan hal yang menjadi rutinitas yang pernah kita lakukan, tiba- tiba hari ini kita lakukan? Apa yang dirasakan? Tentu sangat menyenangkan bukan?

Hal itulah yang hari ini saya rasakan. Dua tahun saya mondar- mandir Cipanas Lebak-Jakarta. Terkadang saya merasa kangen dengan rutinitas yang dua tahun kemarin saya jalani.

Saat harus berangkat pukul 3 pagi, mengejar kereta pagi. Sore harinya pukul 3 harus mengejar kereta lagi untuk pulang ke rumah. Menunggu Profesor untuk menularkan ilmunya. Walau usianya tidak muda tapi mereka sangat kompeten dan memiliki daya ingat yang tajam.

Seperti yang dikatakan oleh Prof. Asanti, " dengan ilmu daya ingat kita tetap terjaga". Makanya beliau meski usianya sudah 80 tahun.  Terus menularkan ilmunya untuk mahasiswa pascasarjananya.

Hari ini rencana awal saya adalah untuk mengambil uang wisuda. yang tidak jadi dilaksanakan karena virus corona. Semua yang sudah direncakanan jadi terhambat.

Hal itu membuat saya dan beberapa teman kecewa. Tapi semua yang terjadi tentu tidak perlu kita sesali. Karena semua itu sudah menjadi ketentuan Yang Maha Kuasa.

Saat saya tiba di kampus UNINDRA, tentu saya merasa sedih juga senang. Sedih karena melihat kampus yang sepi. Tidak ada aktivitas belajar mahasiswa. Sampai akhirnya wisuda tidak dilaksanakan.

Tapi saya masih bersyukur, saya dan teman-teman sudah menyelesaikan pendidikan pascasarjana kami. Dan, sudah menerima ijazah pascasarjana tersebut.

Hal yang membuat saya senang, yaitu saya dapat melihat kampus. Selain itu, saya juga bisa merasakan dan mengenang saat-saat jadi mahasiswa pascasarjana dua tahun lalu.




Saya menunggu kereta dengan  tenang, sambil memperhatikan penumpang yang lain. Terlihat beberapa orang yang membawa barang belanja. Saya juga terpaku saat melihat satu keluarga begitu bahagia berbicara sambil menunggu kereta datang. Sambil memegang barang belanjaan yang dipegangnya dengan erat. Mungkin mereke berbelanja untuk persiapan idul fitri, karena ini bulan ramadan.




Saat menaiki kereta, saya juga merasa senang walau berdiri diantara desakan penumpang. Hal itu juga merupakan hal yang terkadang saya kangenin. Karena sudah beberapa bulan hal itu tidak saya alami. 

Sejak pembatasan secara ketat oleh pemerintah. Saya jarang bepergian naik kereta. Tentu hal itu membuat saya kadang ingin merasakan saat saya naik kereta berdesak-desakan. Dan, berlari menaiki jembatan penyebrangan untuk mengejar kereta ke Tanah Abang untuk mengejar kereta Tenjo.

Alhamdulilah hari ini saya bisa merasakan saat-saat dua tahun lalu. Walaupun saya kecewa karena uang pengembalian wisuda tidak dapat diambil. Dengan alasan nama saya belum terdaftar di bagian keuangan. 

Padahal minggu kemarin teman saya bisa mengambilnya dengan mudah tanpa ada alasan ini dan itu. Saya memahami hal itu, mungkin banyak yang mau mengambil uang wisuda tersebut. 

Yang pada akhirnya pihak keuangan membuat batasan dengan menelpon mahasiswa lalu dimasukan kedaftar calon penerima uang wisuda. Sesuai jadwal yang mereka tentukan agar tidak terjadi antrean yang membludag.

Pada akhirnya untuk mengobati kecewa yang saya rasakan. Saya mengambil hikmah dari kejadian ini. Dengan cara Saya menikmati perjalanan ke kampus UNINDRA di bulan ramadan ini. 

Alhamdulilah, saya dapat mengenang perjalanan dua tahun srbagai mahasiswa pascadarjana UNINDRA. Itulah hikmah yang dapat saya ambil dari perjalanan hari ini. Semoga Allah selalu memudahkan urusan kita. Semoga kita tidak termasuk orang yang suka menyulitkan urusan orang lain, aamiin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1_SRIWATI CGP ANGKATAN 9

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1                                                   foto kegiatan RUKOL Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan                                   Sebagai Pemimpin PERTANYAAN PEMANTIK dan JAWABAN 1.   Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin? Filosofi Triloka dan Pratap Triloka menekankan pendekatan holistik dan multidimensional dalam pendidikan. Hal ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemimpin, yang perlu memahami dan mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak keputusan pada berbagai dimensi organisasi atau masyarakat yang dipimpin. 2.         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan? Nilai-nilai yang tertanam dalam diri seseorang dapat memiliki dampak besar pada prinsip-prinsip yang mereka anut dalam pengambilan keputusan. Nil

Pentigraf " Pilihan Cinta Namima"

  Pentigraf Tema: Aku Kamu Dia Pilihan Cinta Namima       Aku   biasa disapa Nami, oleh teman-teman di sekolah. Aku yang tinggi kecil, mata belok, hidung mancung, rambut panjang hitam, dan kulit kuning langsat. Membuat teman laki-laki selalu bersiul genit ke arahku. Aku yang duduk di kelas 1 SMA, tak pernah meghiraukan mereka. Karena, Ayah selalu berpesan agar aku belajar sungguh-sungguh. Tidak boleh pacaran terlebih dahulu. Mungkin Ayahku terlihat kolot, tapi semua pesannya selalu diikuti olehku. Seperti yang selalu beliau ucapkan, bahwa pacaran akan memecah konsentrasi belajarku. Walaupun, ada juga yang mengatakan jika memiliki pacar bisa menjadi motivasi dalam belajar. Tapi,  aku lebih mematuhi perkataan Ayahku. Setiap temanku menyatakan cinta, aku akan menolaknya dengan halus.      Seperti rabu kemarin, saat dua teman sekolahku beda kelas Riyo dan Arif menyatakan cintanya. Mereka menghadang di depan kelas saat aku mau masuk. Sontak membuat aku kaget dan bingung. Tiba-tiba Riyo meny

Ikhtifal Yang Buat Deg-degan

 # Minggu Menulis # Tema 'D' Ikhtifal Yang Buat Deg-degan Tak banyak kata yang dapat diungkapkan selain rasa syukur yang luar biasa. Atas anugrah yang Allah berikan pada putra saya Tunjung yang usianya 10 tahun. Hari ini dia mengikuti ikhtifalan di TPA La Tansa. Setelah minggu kemarin mengikuti ujian lisan yang diikuti selama 3 hari. Acara ihtifalan atau biasa disebut pidato tentang keagamaan. Selain itu juga acara pelepasan dan perpisahan untuk siswa kelas 6 (Ali). Kegiatan ini rutin diadakan tiap selesai mengikuti ujian pada semester akhir genap. Yang dipandu oleh para wali kelas tiap tingkat yang biasa disafa Ustadzah oleh para siswa. Kegiatan yang dilaksanakan ikhtifal, marawis, hadroh, dan tarian-tarian islami lainnya. Sungguh luar biasa meriahnya acara tersebut. Yang paling membanggakan untuk kami para orang tua. Tentunya peningkatan pendidikan yang islami  putra kami. Nilai karakter dan pembiasaan yang islami untuk bekal masa depan yang akan direalisasikan dalam kehidupa