Langsung ke konten utama

Serunya Bermain Qasidah

 # April Menulis

# Tema ' Q '




Serunya Bermain Qasidah 





Hari ini saya bingung harus menulis apa, rasanya seperti kehilangan ide. Kata-kata yang digunakan untuk awalan hurup 'Q' jarang dalam bahasa Indonesia. Tetapi jika serapan dari bahasa Arab sangat banyak kata yang menggunakan huruf awal 'Q'.

Akhirnya saya teringat dengan qasidahan yang putra saya pelajari. Tepat satu minggu sebelum ramadan, putra saya mengikuti ihtifalan di TPA. Kebetulan putra saya, harus tampil qasidah juga.

Setiap hari pukul 14.00 WIB, dia harus latihan qasidah. Kegiatan itu dibimbing oleh ustadz La Tansa yang masih muda. Saya sangat bersyukur, karena semua yang dipelajari tidak ada yang sia-sia.

Qasidah merupakan syair kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Dimana liriknya berupa puji-pujian untuk kaum muslim. Juga berisi tentang dakwah yang berupa nasihat secara islamiyah.

Alat musik yang digunakan untuk qasidah biasanya disebut rebana dan mandolin. Cara bermain qasidah, yaitu rebana dipegang tangan kiri. Kemudian tangan kanan untuk memukul rebananya.

Permainan qasidah sangat menarik dan seru menurut putra saya. Sehingga dia semangat berlatih main qasidah. Hampir setiap hari menjelang ihtifalan dia berlatih qasidah. Saat di rumah dia suka memukul lemari, dan  galon aqua. 

Pukulan yang dia lakukan akan mengeluarkan bunyi yang enak didengar. Dia terlihat senang dan bersemangat untuk terus melakukan pukulan. Terutama pada lemari atau galon aqua di rumah.

Walaupun berisik, tapi saya hanya memperhatikannya saja. Awalnya saya dan suami merasa berisik. Tapi saya pikir-pikir, toh dia memukulnya tidak tiap menit. Hanya pada saat dia merasa bosan dan suntuk saja.

Karena putra saya sudah bisa cara memainkan rebana. Dia juga berlatih memainkan darbuka. Sampai dia browsing di youtube cara memainkan rebana dan dàrbuka.

Hal itu persis seperti browsing cara beternak ikan hias. Alhamdulilah dengan cepat dia bisa mempelajarinya. Semua yang dia lakukan semoga menjadi bekal di masa depannya. Sebagai Ibu saya hanya mendukung dan mendoakannya saja.




Apa yang dia sukai tentu saya dan suami cukup mendukung dan membimbingnya. Seperti saat ini dia sedang nenyukai rebana dan darbuka. Saya melihat keseruan dia pas tampil qasidah. 

Saya merasa senang selama itu hal yang baik dan berupa kemajuan dalam pembelajarannya. Semoga kelak kau jadi anak yang sholeh dan sukses, aamiin. Karena sebagai orang tua kita hanya bisa mendukung dan mendoakan putra kita.

Komentar


  1. Luar biasa Nak Tunjung. Banyak minat yg mau dikembangkannya. Semoga senantiasa membanggakan orangtua yah..

    BalasHapus
  2. Paling suka nyanyiin Opin lagu-lagu kasidah sebelum dia tidur. Hehe

    BalasHapus
  3. Jadi ingat semasa di kampung halaman dulu, ikut bergabung dalam rebana grup pecinta sholawat nabi. Semoga kelak akan mendapatkan syafaat dari Nabiullah SAW. Aamiin

    BalasHapus
  4. Qosidah untuk membangun kan saur bisa tuh keran bunda dan semangat dengan qosidanya luar biasa

    mohon kritik dan saran pada tulisan saya di blog

    https://hernisbanah.blogspot.com/2021/04/queen-lebih-populer-dari-pada-king.html

    BalasHapus
  5. Kalau untuk anak-anak sih Insya Allah tidak apa-apa. Tapi, kalau untuk orang dewasa, ada yang melarangnya karena dianggap bermain musik.

    BalasHapus
  6. alhamdulillah masih ada yang membudayakan qasidah.Semoga kelak menjadi putra harapan bangsa dan ortu.Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terima kasih doanya semoga dikabulkan oleh Allah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1_SRIWATI CGP ANGKATAN 9

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1                                                   foto kegiatan RUKOL Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan                                   Sebagai Pemimpin PERTANYAAN PEMANTIK dan JAWABAN 1.   Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin? Filosofi Triloka dan Pratap Triloka menekankan pendekatan holistik dan multidimensional dalam pendidikan. Hal ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemimpin, yang perlu memahami dan mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak keputusan pada berbagai dimensi organisasi atau masyarakat yang dipimpin. 2.         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan? Nilai-nilai yang tertanam dalam diri seseorang dapat memiliki dampak besar pada prinsip-prinsip yang mereka anut dalam pengambilan keputusan. Nil

Pentigraf " Pilihan Cinta Namima"

  Pentigraf Tema: Aku Kamu Dia Pilihan Cinta Namima       Aku   biasa disapa Nami, oleh teman-teman di sekolah. Aku yang tinggi kecil, mata belok, hidung mancung, rambut panjang hitam, dan kulit kuning langsat. Membuat teman laki-laki selalu bersiul genit ke arahku. Aku yang duduk di kelas 1 SMA, tak pernah meghiraukan mereka. Karena, Ayah selalu berpesan agar aku belajar sungguh-sungguh. Tidak boleh pacaran terlebih dahulu. Mungkin Ayahku terlihat kolot, tapi semua pesannya selalu diikuti olehku. Seperti yang selalu beliau ucapkan, bahwa pacaran akan memecah konsentrasi belajarku. Walaupun, ada juga yang mengatakan jika memiliki pacar bisa menjadi motivasi dalam belajar. Tapi,  aku lebih mematuhi perkataan Ayahku. Setiap temanku menyatakan cinta, aku akan menolaknya dengan halus.      Seperti rabu kemarin, saat dua teman sekolahku beda kelas Riyo dan Arif menyatakan cintanya. Mereka menghadang di depan kelas saat aku mau masuk. Sontak membuat aku kaget dan bingung. Tiba-tiba Riyo meny

Ikhtifal Yang Buat Deg-degan

 # Minggu Menulis # Tema 'D' Ikhtifal Yang Buat Deg-degan Tak banyak kata yang dapat diungkapkan selain rasa syukur yang luar biasa. Atas anugrah yang Allah berikan pada putra saya Tunjung yang usianya 10 tahun. Hari ini dia mengikuti ikhtifalan di TPA La Tansa. Setelah minggu kemarin mengikuti ujian lisan yang diikuti selama 3 hari. Acara ihtifalan atau biasa disebut pidato tentang keagamaan. Selain itu juga acara pelepasan dan perpisahan untuk siswa kelas 6 (Ali). Kegiatan ini rutin diadakan tiap selesai mengikuti ujian pada semester akhir genap. Yang dipandu oleh para wali kelas tiap tingkat yang biasa disafa Ustadzah oleh para siswa. Kegiatan yang dilaksanakan ikhtifal, marawis, hadroh, dan tarian-tarian islami lainnya. Sungguh luar biasa meriahnya acara tersebut. Yang paling membanggakan untuk kami para orang tua. Tentunya peningkatan pendidikan yang islami  putra kami. Nilai karakter dan pembiasaan yang islami untuk bekal masa depan yang akan direalisasikan dalam kehidupa