Langsung ke konten utama

Tantangan Menulis April Challenge

 # April Menulis

# Tema 'C'





Tantangan Menulis April Challenge 

Seperti kebanyakan orang pada umumnya. Keinginan adalah hal yang alami dimiliki setiap orang. Tentu keinginan akan tercapai dengan usaha yang maksimal.

Seperti tantangan menulis April Challenge yang diadakan di grup menulis lagerunal. Hal itu tentu muncul dari ide Mazmo yang berlian. 

Saya juga merasa bersemangat untuk mengikuti tantangan menulis tersebut. Saya ingin menguji sampai dimana keseriusan saya dalam menulis. Apa saya bisa menulis tiap hari? Sejenak pertanyaan itu terlintas di benak saya.

Hal itu tentu menjadi tantangan yang saya rasa luar biasa. Karena selama ini, saya menulis masih menggunakan mood. Saya belum bisa membagi waktu antara membaca novel dan menulis.

Akhirnya saya mencoba mengikuti tantangan menulis April Challenge. Yang menggunakan tema huruf abjad sesuai urutan tanggal pada bulan April. Semoga saya bisa mengikuti tantangan tersebut. Sehingga saya bisa membiasakan menulis tiap hari.

Setelah saya mencoba tantangan menulis April Challenge, ternyata tanpa saya sadari sangat menyenangkan. Dengan menulis tiap hari, saya akhirnya bisa mengimbangi baca novel dengan menulis. 

Tapi baru beberapa hari menulis, terjadi gangguan pada sinyal. Dua hari tidak ada jaringan internet. Alhasil saya tertinggal informasi dan tidak bisa menulis di blog. Saya baru menulis dengan tema B, D, dan E. Akhirnya karena terkendala sinyal dan tidak ada jaringan. Saya kembali malas untuk menulis.

Setelah jaringan internet stabil, saya kembali menulis dari tema G-Q. Kemudian sinyal internet kembali hilang, saya juga tidak menulis lagi. Besoknya sinyal stabil lagih, dan saya menulis lagi dari tema S-Z. Akhirnya saya dapat menyelesaikan tantangan menulis April Challenge. 

Tetapi ada 3 tema yang belum saya tulis seperti huruf C, F, dan R. Tema itu saat internet tidak ada jaringan. Akhirnya saya punya utang tiga tema yang harus diselesaikan.

Saat itu saya sebetulnya sedang semangat mengikuti tantangan menulis. Saya sebetulnya bisa menulis sementara di laptop. Tapi rasanya kurang seru tidak seperti langsung menulis di blog. Tapi alhamdulilah akhirnya saya bisa mengikutinya sampai tema 'z'. Walau ada tiga tema yang belum ditulis. Saya akan mengejar ketertinggalan itu sampai selesai semua.

Dari tema huruf yang saya anggap paling sulit dan seru adalah huruf ' x '. Kenapa dengan hutuf ' x '? Karena huruf 'x ' jarang digunakan dalam kata. Walaupun ada, kata yang berawalan huruf ' x '. Kata yang sulit saya buat dalam tulisan. Mungkin untuk orang lain tidak masalah. 

Akhirnya saya bisa menulis dengan tema huruf 'x'. Kata yang saya gunakan yaitu 'xena' yang berasal dari bahasa Yunani. Yang berarti ramah dan murah hati. Akhirnya saya bisa menyelesaikan tantangan menulis huruf 'x'.

Hari terakhir menulis pada tanggal 26 April dengan tema huruf 'z'. Alhamdulilah saya sudah menyelesaikannya. Betapa senang dan puas saya bisa menyelesaikan tantangan April Challenge. Yang awalnya membuat saya ragu, tapi dengan niat dan usaha akhirnya dapat menyelesaikan semua itu.

Luar biasa tantangan menulis lagerunal ini. Akhirnya saya bisa membiasakan menulis walaupun tidak tiap hari. Tapi saya berharap bisa selalu menulis tiap hari. 

Selain itu ada kebiasaan baru yang saya alami dan rasakan. Sekarang saat saya bepergian atau melihat hal yang menarik. Tangan saya gatal ingin segera menuliskan apa yang saya lihat dan rasakan. Semoga kebiasaan ini akan terus beeranjut dan melekat pada diri saya.

Semoga kegiatan menulis di lagerunal terus memacu semangat menulis guru-guru hebat. Saya akan terus berusaha tetap menulis. Agar apa yang saya lihat dan rasakan tersimpan apik lewat tulisan saya. Sehingga bisa dinikmati oleh anak, cucu, dan orang lain juga bisa bermanfaat.

Semoga grup menulis lagerunal tetap berjalan dan jaya. Hingga mengantarkan guru-guru hebat menjadi penulis yang hebat dan profesional, aamiin.

Komentar

  1. Selamat ya sudah memenuhi tantangan

    BalasHapus
  2. Hebat ibu masih mengejar ketertinggalan, selamat ya berhasil melewati tantangannya

    BalasHapus

  3. Yang sangat menjengkelkan adalah ketika kita kehilangan sinyal,,,

    BalasHapus
  4. aamiin semoga doanya terkabul bunda untuk Lagerunal

    BalasHapus

  5. Betul sekali... Bunda, Menulis menambah wawasan cara berpikir. Rajin menulis keluar ide2 yg tdk sengaja. Kadang2 di luar dugaan. Menulis seperti air mengalir begitu saja. Keren... share pengalamannya

    BalasHapus
  6. Josssss...
    Selamat sudah berhasil menaklukkan tantangan.

    Saya tertarik dengan tema huruf x, saya akan BW... Bremmm

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1_SRIWATI CGP ANGKATAN 9

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1                                                   foto kegiatan RUKOL Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan                                   Sebagai Pemimpin PERTANYAAN PEMANTIK dan JAWABAN 1.   Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin? Filosofi Triloka dan Pratap Triloka menekankan pendekatan holistik dan multidimensional dalam pendidikan. Hal ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemimpin, yang perlu memahami dan mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak keputusan pada berbagai dimensi organisasi atau masyarakat yang dipimpin. 2.         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan? Nilai-nilai yang tertanam dalam diri seseorang dapat memiliki dampak besar pada prinsip-prinsip yang mereka anut dalam pengambilan keputusan. Nil

Pentigraf " Pilihan Cinta Namima"

  Pentigraf Tema: Aku Kamu Dia Pilihan Cinta Namima       Aku   biasa disapa Nami, oleh teman-teman di sekolah. Aku yang tinggi kecil, mata belok, hidung mancung, rambut panjang hitam, dan kulit kuning langsat. Membuat teman laki-laki selalu bersiul genit ke arahku. Aku yang duduk di kelas 1 SMA, tak pernah meghiraukan mereka. Karena, Ayah selalu berpesan agar aku belajar sungguh-sungguh. Tidak boleh pacaran terlebih dahulu. Mungkin Ayahku terlihat kolot, tapi semua pesannya selalu diikuti olehku. Seperti yang selalu beliau ucapkan, bahwa pacaran akan memecah konsentrasi belajarku. Walaupun, ada juga yang mengatakan jika memiliki pacar bisa menjadi motivasi dalam belajar. Tapi,  aku lebih mematuhi perkataan Ayahku. Setiap temanku menyatakan cinta, aku akan menolaknya dengan halus.      Seperti rabu kemarin, saat dua teman sekolahku beda kelas Riyo dan Arif menyatakan cintanya. Mereka menghadang di depan kelas saat aku mau masuk. Sontak membuat aku kaget dan bingung. Tiba-tiba Riyo meny

Ikhtifal Yang Buat Deg-degan

 # Minggu Menulis # Tema 'D' Ikhtifal Yang Buat Deg-degan Tak banyak kata yang dapat diungkapkan selain rasa syukur yang luar biasa. Atas anugrah yang Allah berikan pada putra saya Tunjung yang usianya 10 tahun. Hari ini dia mengikuti ikhtifalan di TPA La Tansa. Setelah minggu kemarin mengikuti ujian lisan yang diikuti selama 3 hari. Acara ihtifalan atau biasa disebut pidato tentang keagamaan. Selain itu juga acara pelepasan dan perpisahan untuk siswa kelas 6 (Ali). Kegiatan ini rutin diadakan tiap selesai mengikuti ujian pada semester akhir genap. Yang dipandu oleh para wali kelas tiap tingkat yang biasa disafa Ustadzah oleh para siswa. Kegiatan yang dilaksanakan ikhtifal, marawis, hadroh, dan tarian-tarian islami lainnya. Sungguh luar biasa meriahnya acara tersebut. Yang paling membanggakan untuk kami para orang tua. Tentunya peningkatan pendidikan yang islami  putra kami. Nilai karakter dan pembiasaan yang islami untuk bekal masa depan yang akan direalisasikan dalam kehidupa