Langsung ke konten utama

Bahadur Di Tengah Banjir


Bahadur Di Tengah Banjir

     Tak terasa sudah satu tahun lebih. Banjir bandang yang mengangkut seluruh harta benda yang ku miliki. Hanyut tergusur ke hilir beserta gulungan arus deras air dan lumpur. 



     Tentu itu musibah yang datang tak terprediksi. Saat mobil, dua motor, perabot, berkas PNS, ijazah, surat-surat penting lainnya hilang dalam hitungan detik di depan mata.

     Allah maha pemilik seluruh alam dan isinya.  Tentu mengambilnya dengan sangat mudah tanpa ada yang bisa menghalaunya.

     Saya bersyukur waktu itu diberi ketabahan dan kesabaran yang luar biasa. Mungkin Allah menyayangi kami yang diberi musibah lewat cobaannya yang maha dahsyat itu. Sehingga saya tidak merasa prustasi dengan semua itu.

     Bahkan setelah dua hari kejadian, saya dan putra saya berangkat ke Jakarta. Saya mengikuti Ujian Akhir Semester 3 di kampus Pascasarjana UNINDRA. Karena setelah itu saya akan langsung menyusun tesis.  Untungnya saya bisa menyelamatkan dompet saya yang berisi plesdis tesis saya bab 1-3. 

     Semua teman-teman saya sampai tidak percaya saya bisa mengikuti UAS. Mereka menjadi bahadur (pahlawan) dengan mempotokopikan materi bahan UAS untuk saya pelajari. Kebaikan mereka luar biasa, saya hanya bisa berdoa. Semoga kebaikan mereka Allah balas dengan berlipat ganda.

     Semua yang menimpa saya, suami, dan putra saya. Murni ujian dari Allah, agar hidup ini tidak tengadah saat di atas. Karena semua yang ada di dunia ini hanya titipan sementara. Yang kadang bisa membuat kita khilaf menjadi sombong dan takabur.

     Mengingat semua itu, saya teringat bahadur yang membawa kami keluar dari banjir. Beliau ustadz Samanhudi, bagi kami adalah bahadur (pahlawan). 

     Saat kami bingung harus melalui jalan mana agar bisa keluar dari kepungan banjir setinggi dada itu. Tetangga kami ustadz Samanhudi, tiba-tiba datang lewat belakang rumahnya. Berteriak memanggil-manggil kami. Lalu mengajak kami mencari celah yang bisa di lewati dengan saling berpegangan tangan. 

   Sungguh menyedihkan sekaligus mengharukan sebetulnya. Bagaimana tidak, kami yang terkepung banjir dari segala arah bingung. Harus melalui jalan mana agar keluar dari kepungan banjir.

     Ternyata Allah memberikan jalan lewat tetanggaku yang sama-sama mengalami musibah banjir. Setelah itu, akhirnya banyak tetangga berdatangan menolong kami. Membawa kami ke rumah mereka. Untuk mengganti baju kami yang basah kuyup dan berlumpur. Mengisi perut kami yang kosong karena belum sempat sarapan. Karena banjir terjadi pukul enam pagi.

     Saya hanya bisa bersyukur banyak yang tangannya terulur saat musibah datang. Allah memberikan ujian, Allah juga mendatangkan pertolongannya melalui tangan-tangan orang baik dan sholeh.

     Karena rumah yang kami tempati perumahan  pondok. Tempat suami saya bekerja sebagai guru pondok di La Tansa Boarding School. Maka Pak Adrian sebagai pemilik pondok, menyuruh kami menempati rumah sementara di pondok La Tansa 5. Yang berjarak 1 kilometer dari La Tansa 1.
  
     Alhamdulilah pakaian pertama yang kami pakai dari keluarga ustadz Basuni, Bu Mini. Kemudian sebagai pemilik pondok Pak Adrian pun tak tinggal diam dalam memenuhi kebutuhan kami. Walaupun pondoķ pesantren La Tansa hampir setengahnya terendam banjir.

     Banyak kelas yang rusak, lab rusak, peralatan mercing yang harganya ratusan juta hanyut. Semua itu menelan kerugian milyaran rupiah mungkin.

     Tapi dengan musibah itu Bapak Presiden, Gubernur Banten, dan Bupati Lebak. Langsung datang meninjau kejadian tersebut dengan sigap. Sehingga alhamdulilah La Tansa mendapat bantuan tanggul dan Rusun ( rumah susun) dari pemerintah.

La Tansa saat ini 


     Selain itu guru-guru PGRI langsung terjun beserta Pak Kabid dan jajarannya. Menemui guru-guru yang terkena banjir bandang. Sekaligus meninjau lokasi sekolah-sekolah yang hanyut. Alhamdulilah Allah maha adil dan penyayang. Saat musibah diberikan, kebaikan pun  Allah datangkan.

     Saya hanya bisa mendoakan, semoga orang-orang yang tangannya terulur untuk kami. Dari sabang sampai merauke, Allah membalasnya dengan berlipat ganda. Siapa pun mereka, dimanapun mereka. Semoga kebaikan dan kebahagiaan Allah berikan, aamiin.

     Terimakasi juga untuk adik-adik tercinta, yang sudah berpegangan tangan memberi supot. Baik berupa materi maupun doa terhebatnya. Untuk orang tua kami yang tak henti-hentinya selalu mengirim doa mujarabnya. Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan dan umur yang panjang. Sehingga kami masih bisa berbakti, hingga nafas penghabisan.


 

Komentar

  1. Kisah yang inspiratif, Bu. Banyak cara untuk bisa menjadi seorang bahadur. Terima kasih telah berbagi. 🙏

    BalasHapus

  2. Sungguh mengerikan bencana dahsyat itu. Allahu akbar keluarga bu Sri selamat ...

    BalasHapus
  3. Pengalaman hidup yang luar biasa, Bu Sri.
    Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  4. Ya Allah,,,betapa mengerikan bencana yang ibu alami. Pasti sampai kapanpun peristiwa itu akan diingat, semoga tidak trauma bu. Alhamdulillah banyak bahadur yang dapat membantu. Mereka semua bahadur sejati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Ai. Alhamdulilah berkat para Bahadur saya bisa menghilangkan trauma. Kemudian dukungan keluarga yang luar biasa kompak juga.

      Hapus
  5. Orang yang baik hadir untuk orang-orang yang baik. Ia akan menjadi bahadur dalam kehidupan kita.

    BalasHapus
  6. Allah akan menggantikan semua dengan yang lebih baik. Allah menolong melalui tangan para Bahadur yang ada di sekeliling ibu sekeluarga.

    BalasHapus
  7. Subhanalloh. Kisah yang luar biasa dan cerita nyata...Semoga tabah dan tetap sabar. Semoga Alloh menggantinya dengan yang lebih baik.

    BalasHapus
  8. Ya Allah cerita yang mengingatkan saya pada musibah yang sama beberapa tahun lalu.
    Yang sabar ya Bu, sehat selalu dan sukses untuk perjuangan tesisnya

    Ayo Terus Menulis

    BalasHapus
  9. Sebuah kisah yang luar biasa sehingga bisa bertemu bahadur-bahadur sejati.

    BalasHapus
  10. Sungguh menginspari kami bu. Pengalaman menjadi pelajaran yang berharga. Terima Kasih telah berbagi

    BalasHapus
  11. Sebuah kisah yang tak kan terlupakan..selalu semangat Bu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1_SRIWATI CGP ANGKATAN 9

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1                                                   foto kegiatan RUKOL Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan                                   Sebagai Pemimpin PERTANYAAN PEMANTIK dan JAWABAN 1.   Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin? Filosofi Triloka dan Pratap Triloka menekankan pendekatan holistik dan multidimensional dalam pendidikan. Hal ini dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemimpin, yang perlu memahami dan mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak keputusan pada berbagai dimensi organisasi atau masyarakat yang dipimpin. 2.         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan? Nilai-nilai yang tertanam dalam diri seseorang dapat memiliki dampak besar pada prinsip-prinsip yang mereka anut dalam pengambilan keputusan. Nil

Pentigraf " Pilihan Cinta Namima"

  Pentigraf Tema: Aku Kamu Dia Pilihan Cinta Namima       Aku   biasa disapa Nami, oleh teman-teman di sekolah. Aku yang tinggi kecil, mata belok, hidung mancung, rambut panjang hitam, dan kulit kuning langsat. Membuat teman laki-laki selalu bersiul genit ke arahku. Aku yang duduk di kelas 1 SMA, tak pernah meghiraukan mereka. Karena, Ayah selalu berpesan agar aku belajar sungguh-sungguh. Tidak boleh pacaran terlebih dahulu. Mungkin Ayahku terlihat kolot, tapi semua pesannya selalu diikuti olehku. Seperti yang selalu beliau ucapkan, bahwa pacaran akan memecah konsentrasi belajarku. Walaupun, ada juga yang mengatakan jika memiliki pacar bisa menjadi motivasi dalam belajar. Tapi,  aku lebih mematuhi perkataan Ayahku. Setiap temanku menyatakan cinta, aku akan menolaknya dengan halus.      Seperti rabu kemarin, saat dua teman sekolahku beda kelas Riyo dan Arif menyatakan cintanya. Mereka menghadang di depan kelas saat aku mau masuk. Sontak membuat aku kaget dan bingung. Tiba-tiba Riyo meny

Ikhtifal Yang Buat Deg-degan

 # Minggu Menulis # Tema 'D' Ikhtifal Yang Buat Deg-degan Tak banyak kata yang dapat diungkapkan selain rasa syukur yang luar biasa. Atas anugrah yang Allah berikan pada putra saya Tunjung yang usianya 10 tahun. Hari ini dia mengikuti ikhtifalan di TPA La Tansa. Setelah minggu kemarin mengikuti ujian lisan yang diikuti selama 3 hari. Acara ihtifalan atau biasa disebut pidato tentang keagamaan. Selain itu juga acara pelepasan dan perpisahan untuk siswa kelas 6 (Ali). Kegiatan ini rutin diadakan tiap selesai mengikuti ujian pada semester akhir genap. Yang dipandu oleh para wali kelas tiap tingkat yang biasa disafa Ustadzah oleh para siswa. Kegiatan yang dilaksanakan ikhtifal, marawis, hadroh, dan tarian-tarian islami lainnya. Sungguh luar biasa meriahnya acara tersebut. Yang paling membanggakan untuk kami para orang tua. Tentunya peningkatan pendidikan yang islami  putra kami. Nilai karakter dan pembiasaan yang islami untuk bekal masa depan yang akan direalisasikan dalam kehidupa